Peluang Bisnis di Batang

KABUPATEN BATANG BERKEMBANG

Kabupaten Batang terletak di pantai utara Jawa Tengah. Luas daerah 78.864,16 Ha. Batas-batas wilayahnya sebelah utara Laut Jawa, sebelah timur Kabupaten Kendal, sebelah selatan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, sebelah barat Kabupaten dan Kodya Pekalongan.

Posisi tersebut menempatkan wilayah Kabupaten Batang, utamanya Ibu Kota Pemerintahannya pada jalur ekonomi pulau Jawa sebelah utara. Arus transportasi dan mobilitas yang tinggi di jalur pantura memberikan kemungkinan Kabupaten Batang berkembang cukup prospektif di sektor jasa transit dan transportasi.

Kondisi wilayah Kabupaten Batang merupakan kombinasi antara daerah pantai, dataran rendah dan pegunungan. Dengan kondisi ini Kabupaten Batang mempunyai potensi yang sangat besar untuk agroindustri, agrowisata dan agrobisnis.

PELUANG BISNIS HOTEL TERBUKA LEBAR

Meski hotel dan restoran terus dimodernisasi dengan berbagai peralatan canggih, namun tetap tidak bisa meninggalkan tenaga kerja. Sebab, sistem bekerjanya identik dengan padat karya. “Aktifitas kerja di hotel dan restoran maupun rumah makan itu membutuhkan sentuhan manusiawi seperti keramahan dan senyuman. Karena itu tidak bisa digantikan oleh robot,” ujar Ketua Badan Pembina Daerah (BPD) Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Jateng, H Heru Isnawan.
Dia menyatakan hal itu sesuai pelantikan pengurus BPC PHRI Batang periode 2008-2012 yang diketuai Cahyanto di Hotel Sendang Sari, Rabu (20/8) kemarin. Dia meyakinkan, prospek bisnis hotel maupun restoran masih terbuka lebar menyusul berkembangnya industri pariwisata. “Sekarang ini banyak daerah yang berlomba-lomba membuat objek wisata. Itu tentunya merupakan peluang emas bagi anggota PHRI untuk mengembangkan usahanya,” kata dia.
Ia menyatakan, di Batang masih banyak potensi wisata yang belum dioptimalkan. Kondisi ini sangat strategis untuk menanamkan investasi bagi jasa perhotelan maupun rumah makan. “Ini semua tentunya memerlukan kerja sama dengan pemkab sebagai mitra dalam mengembangkan usaha. Karena sektor kepariwisataan apabila digarap secara potensial akan meningkatkan pendapatan daerah maupun kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.
Sisi lain, pemberdayaan ekonomi juga turut terangkat. Itu dengan banyaknya sentra-sentra perajin yang hasilnya bisa dititipkan atau dijual dihotel dan rumah makan.
Kemitraan

Wakil Bupati H Achfa Machfudz meminta kepada anggota PHRI memanfaatkan masyarakat sekitar lokasi sebagai pekerja. Sedangkan, dalam menjalin kemitraan hendaknya bisa dijalan integrasi di berbagai sektor. “Ada banyak potensi wisata yang bisa digarap PHRI. Apalagi untuk menanamkan investasinya, Batang telah menerapkan perizinan satu pintu, ini dalam rangka memudahkan investor,” tandanya.
Di Batang, sekarang ini ada tiga hotel besar. Namun pada even-even tertentu selalu penuh. Peluang untuk mendirikan hotel masih terbuka lebar. Apalagi, berada dijalur pantura yang sangat strategis. “Batang ini merupakan titik lelah dari perjalanan Jakarta-Surabaya. Ini tentunya menjadi peluang bagi untuk membangun penginapan yang representatif.”
OBYEK WISATA DI KABUPATEN BATANG

Obyek Wisata Pantai Sigandu

Obyek Wisata Pantai Sigandu

Kabupaten Batang memiliki wilayah yang kaya akan sumber daya alam, hutan dan laut, sehingga sangat strategis untuk dikembangkan sebagai daerah wisata. Beberapa objek wisata antara lain :

Agrowisata Salak Sodong
Terletak di Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal dengan jarak ± 17 km dari ibu kota Kabupaten Batang dengan ketinggian 600 – 800 m dari permukaan laut. Desa Sodong memiliki potensi yang dalam pembangunan yaitu Curug dan Agrowisata Salak Sodong, selain itu juga dikenal sebagai penghasil kapulogo, panili, dan cengkeh. Salak Sodong pada tahun 1999 pernah menjadi juara lomba buah Tingkat Jawa Tengah.

Curug Genting
Curug Genting terletak di wilayah Kecamatan Blado, kurang lebih 38 km ke arah selatan dari Kota Batang. Air terjun indah dengan ketinggian 40 m ini dikelilingi hutan pinus. Dengan udara yang masih segar dan alam pedesaan alami menghijau, Curug Genting sangat cocok sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan.

Curug Gombong
Air terjun dengan ketinggian 13 m membelah batuan berlapis rata alami (batu rai). Terletak di desa Gombong 6 km sebelah selatan Kecamatan Subah. Sejauh ini belum ada investor yang mengembangkan Curug Gombong sebagai obyek wisata potensial.

Kolam Renang Bandar
Berada di daerah perbukitan tepatnya di Desa Wonokerto Kecamatan Bandar. Sumber air dari mata air alam. Dilengkapi sarana kolam renang, tempat parkir, kedai makanan, dll.

Rest Area Jatisari

Terletak di Desa Jatisari Kecamatan Subah. Lokasi ini strategis di tepi jalan utama Jakarta-Surabaya. Nyaman untuk istirahat bagi yang melakukan perjalanan jauh.

Pantai Sigandu
Panorama menawan di Pantai kota Batang di sore hari, sementara perahu nelayan pulang bersandar membongkar ikan hasil tangkapannya.

Pantai Ujungnegoro
Sebuah kawasan pantai utara Batang yang terletak 14 km arah timur laut dari Kota Batang. Salah satu bagian tepi pantainya berketinggian 14 m dari permukaan air laut, yang jarang terdapat di sepanjang pantai utara Jawa. Pada dataran pantai yang tinggi terdapat Gua Aswotomo dan sebuah pemakaman kecil peninggalan Syeikh Maulana Maghribi. Di sekitar daerah ini tersedia pula tempat menarik untuk bersampan dan memancing.
Detail

Pantai Pelabuhan

Terletak di Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing dengan jarak ± 50 km dari pusat kota Batang. Pantai ini baik sebagai tempat untuk memancing dan terdapat sumber air tawar di tepi pantai.

Situs Syailendra


Keanekaragaman bentuk peninggalan masa lalu di wilayah batang telah menunjukkan adanya dinamika masyarakat dan lentur terhadap proses perubahan yang terjadi oleh pengaruh-pengaruh budaya luar. Dan melihat bentuk-bentuk peninggalan megalitik itu, menunjukkan bahwa mereka telah mengenal teknologi. Selain itu pembudidayaan hewan dan tanaman telah dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sistem upacara

Kebun Teh Pagilaran

Di Batang terdapat kebun teh PT.PAgilaran yang terletak 25 km ke arah selatan dari alun-alun Batang. Dengan pemandangan yang sangat mempesona bagai di kawasan PUNCAK Bogor, Tersedia wisata jalan-jalan ke kebun teh dan Tea Factory Tour

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive